Tim Kesenian Banyuwangi Tampil di HUT ke- 6 IKAWANGI Dewata

kecamatancluring
By -


Tim Kesenian Banyuwangi Tampil di HUT ke- 6 IKAWANGI Dewata
BANYUWANGI - Tim kesenian Banyuwangi diundang untuk tampil di HUT ke-6  Ikatan Keluarga Banyuwangi (IKAWANGI) Dewata. Acara yang dirangkai dengan Festival Endog-Endogan memperingati maulid Nabi Muhammad SAW itu diselenggarakan di Lapangan Pegok, Bali, Minggu (17/1), mulai pukul 08.00 - 17.30 WITA.
Banyuwangi mengirimkan para pelaku seni andalan dari sanggar Pak Sucipto, Desa Kemiren dengan total personil yang terlibat sebanyak 45 orang. Sejumlah kesenian akan ditampilkan, diantaranya Barong Lanceng Kemiren, Kebo-Keboan Alas Malang, dan tari Dewi Sri Alas Malang.
Mereka akan tampil memeriahkan event tersebut bersama beberapa kesenian lain yang disiapkan IKAWANGI Dewata, seperti Belganjur, angklung caruk, kucing-kucingan rudat, kuntulan, gandrung, jaranan dan kendang kempul.
Dijelaskan oleh Kepala Bidang Pemasaran, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Alfin Kurniawan, kesenian Banyuwangi memang sering diundang untuk tampil di berbagai acara. Karenanya, agar kesenian Banyuwangi tetap hidup di seluruh penjuru Bumi Blambangan ini, tak hanya sanggar seni yang itu-itu saja yang tampil, melainkan dibuat bergiliran.
"Supaya kesenian Banyuwangi tetap lestari, secara bergiliran kami menugaskan sanggar-sanggar binaan kami untuk bisa tampil di berbagai tempat, baik di dalam dan luar kota Banyuwangi maupun ke luar negeri. Selain nguri-uri budaya asli kita, anak cucu kita sebagai generasi berikutnya pun akan mengenali budaya leluhurnya " kata Alfin. (HUMAS & PROTOKOL)